PENGARUH KECEMASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT KELAS DI MTS DARUSSALAM NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0413021007, MULYANA RAHIMI (2011) PENGARUH KECEMASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT KELAS DI MTS DARUSSALAM NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72Kb) | Preview

Abstrak

Kecemasan terhadap bidang studi Matematika dapat terjadi pada diri siswa setiap saat dan seringkali muncul secara mendadak ketika belajar Matematika. Dalam batas-batas tertentu, kecemasan adalah suatu hal yang wajar, namun jika kecemasan itu berlebihan maka hal ini akan berpengaruh negatif terhadap hasil belajar Matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa terhadap bidang studi Matematika di MTS Darussalam Natar Lampung Selatan, faktor apa saja yang menjadi penyebabnya, apakah terdapat perbedaan rata-rata tingkat kecemasan siswa antara kelas VII dan kelas VIII, serta apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat kecemasan siswa pada bidang studi Matematika terhadap hasil belajar Matematika siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas VII dan 28 orang siswa kelas VIII MTS Darussalam Natar Lampung Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa MTS Darussalam memiliki kecemasan terhadap pelajaran Matematika pada kategori rendah. Faktor terbesar penyebab kecemasan siswa adalah dari dalam diri siswa sendiri yaitu sebesar 41,6%, 24,5% adalah faktor materi/kurikulum, 23% dari faktor ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran sedangkan faktor guru hanya 10,9%. Tingkat kecemasan yang dialami oleh siswa disana memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 21,5%. Hubungan yang diberikan oleh kecemasan siswa adalah buhungan negatif yang berarti semakin tinggi tingkat kecemasan maka hasil belajar siswa akan semakin rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata tingkat kecemasan siswa kelas VII dan kelas VIII dimana siswa kelas VII lebih cemas dibadingkan siswa kelas VIII. Kata kunci : Kecemasan, hasil belajar, tingkat kelas.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT . TIK6
Date Deposited: 21 Apr 2015 07:51
Last Modified: 09 Sep 2015 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8320

Actions (login required)

View Item View Item