TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM FILM GALAKSI KARYA KUNTZ AGUS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

MARTA , MESARIA (2025) TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM FILM GALAKSI KARYA KUNTZ AGUS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (4).pdf

Download (452Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL (2).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (37Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN (3).pdf

Download (37Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Fokus penelitian ini adalah tindak tutur direktif dalam film Galaksi karya Kuntz. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan fungsi komunikatif tindak tutur direktif dengan memperhatikan langsung dan tidak langsung tuturan yang terdapat pada dialog antartokoh dalam film dan implikasi hasil penelitian pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah film Galaksi karya Kuntz Agus dan data dalam penelitian adalah tuturan yang mengandung fungsi komunikatif tindak tutur direktif pada dialog antartokoh dalam film Galaksi karya Kuntz Agus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan analisis heuristik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur direktif dalam film Galaksi karya Kuntz Agus mengandung enam fungsi komunikatif yaitu memerintah, menanya, melarang, memberi izin, meminta, dan memberi nasihat yang dituturkan secara langsung dan tidak langsung. Dalam penelitian ini ditemukan sebanyak 114 data yang meliputi fungsi komunikatif memerintah sebanyak 22 data, meminta 36 data, melarang 11 data, memberi izin 12 data, menanya 31 data, dan memberi nasihat 2 data, dengan data langsung 82 dan data tidak langsung 32. Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI fase F dengan capaian pembelajaran, yaitu C1 mengidentifikasi, dan C6 merancang teks naskah drama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi mengenal keberagaman Indonesia lewat pertunjukan drama. Kata kunci: tindak tutur direktif, fungsi komunikatif, langsung, tidak langsung

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 490 Bahasa-bahasa lain
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2308093975 . Digilib
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:29
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83206

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir