PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI SAINS TERTULIS PESERTA DIDIK KELAS VII

FRINSMA , LISZIA ZHAFIRA ALDY (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI SAINS TERTULIS PESERTA DIDIK KELAS VII. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Frinsma Liszia - Frinsma Liszia.pdf

Download (265Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_Frinsma Liszia - Frinsma Liszia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2016Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN_Frinsma Liszia - Frinsma Liszia.pdf

Download (1366Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi sains tertulis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non equivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Adapun kemampuan yang diukur yaitu kemampuan berpikir kreatif dengan indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration diteliti menggunakan instrumen pretest dan posttest. Pada kemampuan komunikasi sains tertulis indikatornya meliputi kemampuan menyatakan data, penulisan informasi, keakuratan representasi secara ilmiah, dan kemampuan menyatakan kesimpulan diukur menggunakan instrumen lembar penilaian komunikasi tertulis. Model PjBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian N-gain kemampuan berpikir kreatif (P < 0,05). Rerata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,57 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,29 dengan kategori rendah. Hasil penilaian produk kreatif diperoleh kriteria baik, dengan perolehan rerata sebesar 83%, serta kemampuan komunikasi sains tertulis diperoleh dengan kriteria baik dengan perolehan rata-rata sebesar 79% pada kelas eksperimen dan 63% pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model PjBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi sains tertulis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: PjBL, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan komunikasi sains tertulis, dan pencemaran lingkungan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 12 Feb 2025 04:13
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 04:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83211

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir