ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI LKPD KELAS IV SEKOLAH DASAR

NUR MEITIANA, ZALIANTI (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI LKPD KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
FILE ABSTRAK NUR MEITIANA ZALIANTI - 35_Nur Meitiana Zalianti_3A.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL NUR MEITIANA ZALIANTI (TANPA LAMPIRAN) - 35_Nur Meitiana Zalianti_3A.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2421Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL NUR MEITIANA ZALIANTI TANPA BAB PEMBAHASAN - 35_Nur Meitiana Zalianti_3A.pdf

Download (3631Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini masih ditemukan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian pada kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan temuan penelitian awal terhadap beberapa nilai peserta didik yang belum tuntas kelas IV A sebanyak 73,9% sedangkan kelas IV B sebanyak 72,1%. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian yang ditemukan dalam mata pelajaran matematika pada kelas IV melalui LKPD, mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian melalui LKPD. serta mengetahui LKPD dapat menjadi solusi mengatasi kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kualitatif analisis deskriptif. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa sebagian peserta didik dikelas IV memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal verbal, hal ini terjadi karena peserta didik tidak mampu memaknai kalimat pada soal cerita. Faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian yang terjadi dikelas IV disebabkan oleh faktor eksternal dan faktor internal serta LKPD merupakan salah satu contoh untuk mengatasi kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian sehingga minat belajar peserta didik menjadi meningkat. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Operasi Hitung, Perkalian, Pembagian The problem in this study is still found students who have difficulty learning multiplication and division counting operations in class IV. This is evidenced by the findings of initial research on some of the scores of students who have not completed class IV A as much as 73.9% while class IV B as much as 72.1%. The purpose of this study is to analyze and describe the learning difficulties of multiplication and division arithmetic operations found in mathematics subjects in grade IV through LKPD, knowing the factors that cause learning difficulties in multiplication and division arithmetic operations through LKPD. and knowing LKPD can be a solution to overcome learning difficulties in multiplication and division arithmetic operations in grade IV elementary school students. The method used is using descriptive analysis qualitative research. The sample used by researchers is all fourth grade students of SD Negeri 2 Metro Selatan. The results of this study indicate that some students in class IV have difficulty in solving verbal problems, this happens because students are unable to interpret sentences in story problems. The factors that cause learning difficulties in calculating multiplication and division operations that occur in class IV are caused by external factors and internal factors and LKPD is one example to overcome learning difficulties in calculating multiplication and division operations so that students' interest in learning increases. Keywords: Learning Difficulties, Calculation Operations, Multiplication, Division

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:14
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83280

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir