KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJAR 2023/2024

Onky , Matruti (2025) KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJAR 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1573Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1436Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Ajar 2023/2024. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek dengan memperhatikan aspek berikut: 1) kesesuaian isi cerpen dengan judul, 2) keterpaduan tema, 3) penggunaan alur, 4) penggunaan latar, 5) kejelasan penampilan tokoh dan penokohan, 6) penggunaan sudut pandang, 7) penggunaan gaya bahasa, dan 8) ketepatan penggunaan bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X semester ganjil tahun ajar 2023/2024 di SMA YP Unila Bandar Lampung, dari total 12 kelas X di SMA YP Unila Bandar Lampung diambil 1 kelas yaitu X1 Unggulan sebagai sampel penelitian. Kemampuan menulis cerita pendek akan ditentukan berdasarkan hasil skor siswa yang memenuhi minimal ketuntasan > 75. Hasil penelitian kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung tahun ajar 2023/2024, mencapai nilai ketuntasan baik, dengan nilai rata-rata 77,5. Pada aspek kesesuaian judul dengan isi cerpen mencapai nilai rata-rata 93,4 dengan kategori sangat baik, aspek tema mencapai nilai rata-rata 90,2 dengan kategori sangat baik, aspek alur alur mencapai nilai rata-rata 69,7 dengan kategori cukup, aspek latar mencapai nilai rata-rata 78,1 dengan kategori baik, aspek tokoh dan penokohan mencapai nilai rata-rata 75 dengan kategori baik, aspek sudut pandang mencapai nilai rata-rata 77,4 dengan kategori baik, aspek gaya bahasa mencapai nilai rata-rata 69,7 dengan kategori cukup, aspek penggunaan bahasa mencapai nilai rata-rata 81 dengan kategori baik. Kata Kunci: pembelajaran, menulis, cerita pendek, sastra

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308232210 . Digilib
Date Deposited: 13 Feb 2025 03:17
Terakhir diubah: 13 Feb 2025 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83331

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir