Onky , Matruti (2025) KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJAR 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1573Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1436Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Ajar 2023/2024. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek dengan memperhatikan aspek berikut: 1) kesesuaian isi cerpen dengan judul, 2) keterpaduan tema, 3) penggunaan alur, 4) penggunaan latar, 5) kejelasan penampilan tokoh dan penokohan, 6) penggunaan sudut pandang, 7) penggunaan gaya bahasa, dan 8) ketepatan penggunaan bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X semester ganjil tahun ajar 2023/2024 di SMA YP Unila Bandar Lampung, dari total 12 kelas X di SMA YP Unila Bandar Lampung diambil 1 kelas yaitu X1 Unggulan sebagai sampel penelitian. Kemampuan menulis cerita pendek akan ditentukan berdasarkan hasil skor siswa yang memenuhi minimal ketuntasan > 75. Hasil penelitian kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung tahun ajar 2023/2024, mencapai nilai ketuntasan baik, dengan nilai rata-rata 77,5. Pada aspek kesesuaian judul dengan isi cerpen mencapai nilai rata-rata 93,4 dengan kategori sangat baik, aspek tema mencapai nilai rata-rata 90,2 dengan kategori sangat baik, aspek alur alur mencapai nilai rata-rata 69,7 dengan kategori cukup, aspek latar mencapai nilai rata-rata 78,1 dengan kategori baik, aspek tokoh dan penokohan mencapai nilai rata-rata 75 dengan kategori baik, aspek sudut pandang mencapai nilai rata-rata 77,4 dengan kategori baik, aspek gaya bahasa mencapai nilai rata-rata 69,7 dengan kategori cukup, aspek penggunaan bahasa mencapai nilai rata-rata 81 dengan kategori baik. Kata Kunci: pembelajaran, menulis, cerita pendek, sastra
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308232210 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 03:17 |
Terakhir diubah: | 13 Feb 2025 03:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83331 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |