Catherine , Fitriana (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTROVERSIAL ISSUES DALAM MENGEMBANGKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 BELITANG MADANG RAYA SUMATERA SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ASBTRACT.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2794Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2423Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran controversial issue dalam mengembangkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Belitang Madang raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan analisi data menggunakan Uji Hipotesis, Uji T-test, Uji N-Gain Score. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di SMP Negeri 2 Belitang Madang Raya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 responden yang terdiri dari 27 responden kelas eksperimen dan 27 responden kelas kontrol. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model controversial issues lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model konvensional. Ini dibuktikan melalui uji independent sample t-test yang menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelas tersebut, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi (86,76) dibandingkan kelas kontrol (69,07). Selain itu, uji n-gain score menunjukkan bahwa model controversial issues memiliki tingkat efektivitas yang cukup tinggi (75,4620) dibandingkan dengan model konvensional yang kurang efektif (47,5955). Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran controversial issues lebih efektif dan memberikan berbagai manfaat signifikan dalam proses pendidikan, seperti meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kemampuan argumentasi, pemahaman terhadap berbagai perspektif, dan membentuk karakter siswa yang lebih terbuka dan empatik. Kata kunci : Model Pembelajaran, Controversial Issue, Hasil Belajar, Peserta Didik.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308289196 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 06:55 |
Terakhir diubah: | 13 Feb 2025 06:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83453 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |