Penggunaan Media Bangun Ruang untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Rama Oetama Tahun Pelajaran 2010/2011

, SUWARJO (2011) Penggunaan Media Bangun Ruang untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 3 Rama Oetama Tahun Pelajaran 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (157Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (223Kb)

Abstrak

Hasil observasi pra penelitian pembelajaran matematika di Kelas VI SDN 3 Rama Oetama diketahuai: ketuntasan hasil belajar siswa rendah, pembelajaran berpusat pada guru (cenderung hanya menggunakan metode ceramah), minat belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui penggunaan media bangun ruang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian merupakan kerja berulang (siklus). Setiap siklus terdiri 4 tahap utama, yaitu: rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengumpulkan data tentang aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan tes akhir untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media bangun ruang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari peningkatan aktivitas belajar pada siklus I, 65,33 % menjadi 76,04 % pada siklus II, Demikian juga hasil belajar, pada siklus I siswa yang tuntas 58,33 % menjadi 91,67 % pada akhir siklus II. Kata Kunci: Media Bangun Ruang, aktivitas, hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 30 Jan 2014 06:38
Last Modified: 30 Jan 2014 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item