PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotaagung Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024)

Fitri, Yani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotaagung Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Fitri Yani.pdf

Download (539Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Fitri Yani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2257Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -Fitri Yani.pdf

Download (2202Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotaagung Timur semester ganjil tahun 2023/2024 sebanyak 190 siswa dan terdistribusi kedalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah posttest-only control design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan data non-tes berupa angket skala likert untuk self confidence. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional, namun tidak ada perbedaan rata-rata self confidence siswa pada pembelajaran problem based learning dan pembelajaran konvensional. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, namun tidak berpengaruh terhadap self confidence siswa. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, problem based learning, self confidence

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 13 Feb 2025 05:03
Terakhir diubah: 13 Feb 2025 05:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83516

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir