PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBANTU E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA

Herlina , - (2024) PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBANTU E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Herlina.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Herlina.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2790Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -Herlina.pdf

Download (2272Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model IBL terhadap kemampuan Literasi Sains peserta didik SMP materi sistem gerak pada manusia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta didik yang terdiri dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran IBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Data keterampilan Literasi Sains yang diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan data tanggapan peserta didik tentang pembelajaran menggunakan model IBL yang dikumpulkan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan modelIBL terhadap kemampuan Literasi Sains peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,70 dengan kriteria “sedang” sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,20 dengan kriteria “rendah”. Berdasarkan perolehan hasil angket tanggapan peserta didik didapatkan nilai sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model IBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik dan model tersebut dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran IBL, Sistem Gerak pada Manusia, Keterampilan Literasi Sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 13 Feb 2025 05:39
Terakhir diubah: 13 Feb 2025 05:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83521

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir