PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

TITIN DWI, SHAHABIYAH (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK TITIN DWI SHAHABIYAH - Titin Dwi Shahabiyah.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN TITIN DWI SHAHABIYAH - Titin Dwi Shahabiyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2347Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN DAN TANPA LAMPIRAN TITIN DWI SHAHABIYAH - Titin Dwi Shahabiyah.pdf

Download (2241Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Bandar Lampung sebanyak 298 siswa yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas yaitu VIII- A sampai VIII-J. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-G sebanyak 30 siswa dan kelas VIII-J sebanyak 28 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan kelas VIII-J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran discovery learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan video pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: discovery learning, komunikasi matematis, pengaruh, video pembelajaran This research aims to determine the effect of learning video integrated discovery learning model on students mathematical communication skills. The population of this study was all 298 students in class VIII of SMP Negeri 31 Bandar Lampung, distributed into ten classes, namely VIII-A to VIII-J. The sample of this research was class VIII-G with 30 students and class VIII-J with 28 students selected using purposive sampling technique. The research design used was a pretest-posttest control group design with class VIII-J as the experimental class and class VIII-G as the control class. The data in this research is quantitative data obtained through a mathematical communication ability test. Based on the results of the Mann- Whitney U test, it was found that the increase in mathematical communication skills of students who took part in discovery learning assisted by learning videos was higher than the increase in mathematical communication skills of students who took part in conventional learning. It can be concluded that the discovery learning model assisted by learning videos has an effect on the mathematical communication skills. Keyword: discovery learning, effect, learning video, mathematical communication

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:31
Terakhir diubah: 13 Feb 2025 07:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83576

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir