ENGARUH KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL AKUNTANSI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SUB POKOK BAHASAN AYAT JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

0913031054, Mellawati (2013) ENGARUH KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL AKUNTANSI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SUB POKOK BAHASAN AYAT JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. MENYETUJUI.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. MENGESAHKAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7.PERSEMBAHAN.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8.MOTTO.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. SANWACANA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11.DAFTAR TABEL.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14.BAB 1.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
15.BAB II.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
16.BAB III.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img] File PDF
17. BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (395Kb)
[img]
Preview
File PDF
18.BAB V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
19.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi atau hasil belajar peserta didik. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain kemampuan siswa dalam memahami kalimat yang terdapat dalam soal akuntansi, persepsi siswa tentang metode mengajar guru, ketersediaan sarana belajar di rumah, dan kemampuan guru mengajar. Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang bersangkutan. Hasil belajar mata pelajaran akuntansi merupakan hasil dari proses kegiatan belajar mengajar disekolah yang diperoleh dari hasil evaluasi yang dilakukan guru. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMK Negeri 1 Metro menunjukkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa kelas X Jurusan akuntansi tergolong rendah. Hal ini terlihat dari hasil ulangan harian sub pokok bahasan ayat jurnal penyesuaian dengan standar ketuntasan 78, dari 94 siswa kelas X jurusan akuntansi siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 30 siswa atau sebesar 32% sedangkan sebanyak 64 siswa atau sebesar 68 % belum mencapai ketuntasan belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut maka perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa bisa berasal dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa. Faktor dari dalam diri siswa yakni kemampuan memahami soal akuntansi sedangkan faktor yang berasal dari luar diri siswa yakni persepsi siswa tentang metode mengajar guru. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh positif kemampuan memahami soal akuntansi dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi sub pokok bahasan ayat jurnal penyesuaian siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013?”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 94 siswa dengan jumlah sampel berdasarkan rumus T. Yamane sebanyak 76 siswa yang diambil dengan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptip verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey.Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multiple. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif kemampuan memahami soal akuntansi dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar Akuntansi sub pokok bahasan ayat jurnal penyesuaian siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R)= 0,682 dan koefisien determinasi (R 2 )= 0,465, yang berarti hasil belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh kemampuan memahami soal akuntansi dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru sebesar 46,5 % dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Kesimpulan penelitian ini yaitu : 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan memahami soal akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi sub pokok bahasan ayat jurnal penyesuaian siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi sub pokok bahasan ayat jurnal penyesuaian siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan memahami soal akuntansi dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:56
Terakhir diubah: 16 Apr 2015 05:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8364

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir