PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

REGITA , PRAMESTI (2024) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Digilib - Regita Pramesti.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi tanpa lampiran_Digilib - Regita Pramesti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3055Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa BAB 4_Digilib - Regita Pramesti.pdf

Download (3003Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar semester genap tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam sebelas kelas yaitu VIII A sampai VIII K secara homogen. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh kelas VIII I sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan desain penelitian yang digunakan pretest- posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis siswa. Analisis data menggunakan uji non parametrik yaitu Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran guided discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal tersebut berarti bahwa model guided discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: guided discovery learning, kemampuan representasi matematis, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Feb 2025 13:58
Terakhir diubah: 13 Feb 2025 13:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83657

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir