PERBEDAAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERAN TUTOR DALAM DISKUSI TUTORIAL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2021 DAN 2023

Iffah Salma, Muizabby (2025) PERBEDAAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERAN TUTOR DALAM DISKUSI TUTORIAL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2021 DAN 2023. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Iffah Salma.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Iffah Salma.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3672Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Iffah Salma.pdf

Download (3541Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Problem-Based Learning (PBL) telah diterapkan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung sejak 2008. Peran tutor dalam diskusi tutorial PBL sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran. Mahasiswa angkatan 2021 menjalani kurikulum 2017 dengan pembelajaran daring selama pandemi COVID- 19, sementara angkatan 2023 mengikuti kurikulum 2022 dengan metode luring penuh. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi persepsi mahasiswa terhadap peran tutor dalam konteks tersebut. Metode: Penelitian ini menggunakan desain survei deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel terdiri dari 78 mahasiswa angkatan 2021 dan 77 mahasiswa angkatan 2023 yang dipilih secara random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner valid dan reliabel yang mengukur lima aspek peran tutor: konstruktif, mandiri, kontekstual, kolaboratif, dan perilaku tutor. Analisis dilakukan menggunakan uji Chi-Square untuk melihat hubungan dan Odds Ratio (OR) untuk mengukur kekuatan asosiasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan persepsi mahasiswa kedua angkatan terhadap peran tutor (p = 0,009). Odds Ratio (OR) sebesar 2,5 menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2023 memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar untuk memberikan persepsi positif dibandingkan angkatan 2021. Mahasiswa angkatan 2023 menunjukkan persepsi yang lebih positif dibandingkan angkatan 2021, terutama pada aspek kolaboratif dan perilaku tutor. Hasil ini menekankan pentingnya peran tutor dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PBL serta perlunya evaluasi berkelanjutan untuk memastikan kualitas proses pembelajaran. Simpulan: Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam persepsi mahasiswa terhadap peran tutor dalam diskusi tutorial PBL antara angkatan 2021 dan 2023.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2308482391 . Digilib
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:09
Terakhir diubah: 14 Feb 2025 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83747

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir