INTAN , NUR AJIZAH (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FORMATIF PADAPEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKATIF SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Intan Nur Ajizah.pdf Download (250Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FULL SKRIPSI - Intan Nur Ajizah.pdf Restricted to Hanya staf Download (1743Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Intan Nur Ajizah.pdf Download (1360Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Assessment formatif pada pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah dalam mengukur kemampuan berpikir kritis dan komunikatif siswa yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan prosedur pengembangan menurut Borg&Gall (1989), yang dibatasi hanya 5 langkah, yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi atau studi pendahuluan; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan produk awal; (4) Uji coba lapangan awal; (5) Revisi hasil uji coba. Berdasarkan validasi ahli, instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis memperoleh persentase nilai sebesar 80,30% dalam kategori sangat valid, sementara instrumen penilaian keterampilan komunikatif memperoleh persentase nilai sebesar 91,66% dalam kategori sangat valid. Sehingga, instrumen penilaian layak digunakan. Instrumen penilaian ini diuji cobakan pada 38 siswa di SMAN 14 Bandar Lampung dan hasil uji coba lapangan tersebut dianalisis menggunakan model Rasch berbantuan software Ministep 5.6.2. Hasil analisis data uji coba diperoleh 10 butir soal instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis dan 10 butir instrumen penilaian keterampilan komunikatif dinyatakan sangat valid. Butir soal pada instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis dan komunikatif siswa dinyataan reliabel dengan nilai alpha cronbach secara berturut-turut sebesar 0,90 dan 0,83 dengan kategori reliabilitas keduanya sangat bagus.Uji kepraktisan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis memperoleh rata-rata skor sebesar 94,44% sedangkan uji kepraktisan instrumen penilaian keterampilan komunikatif memperoleh rata-rata skor sebesar 91,66% dengan kategori keduanya sangat praktis. Produk akhir instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan komunikatif pada pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci : Instrumen penilaian, Assessment formatif, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikatif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:01 |
Terakhir diubah: | 14 Feb 2025 08:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83802 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |