PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 2 RAMA GUNAWAN

ILHAM, RAMADHAN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD NEGERI 2 RAMA GUNAWAN. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK INDO-ENG_SKRIPSI ILHAM RAMADHAN 1913053111 FIX.pdf

Download (2319Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL ILHAM RAMADHAN 1913053111.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2320Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TANPA BAB PEMBAHASAN SKRIPSI ILHAM RAMADHAN 1913053111.pdf

Download (2322Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pesawat sederhana kelas V SD Negeri 2 Rama Gunawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pesawat sederhana. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain non- equivalent control group design. Populasi berjumlah 38 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan yakni instrumen tes berupa soal tes uraian materi pesawat sederhana dan instrumen nontes berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pesawat sederhana kelas V SD Negeri 2 Rama Gunawan dengan Fhitung>Ftabel serta terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori “Sedang”. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, pesawat sederhana.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308838971 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:04
Terakhir diubah: 17 Feb 2025 04:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83979

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir