EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN

Elisabet Erlian Nadia, Putri (2025) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (277Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1840Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1672Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D pada materi hidrokarbon untuk meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Swasta Hang Tuah dan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Model Flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D diterapkan pada kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan postest yang terdiri dari 5 butir soal essay untuk mengukur keterampilan mengkomunikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain mengkomunikasikan peserta didik berbeda secara signifikan di kelas eksperimen yaitu 0,47 berkriteria sedang dengan kelas kontrol yaitu 0,19 berkriteria rendah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D pada materi hidrokarbon efektif meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan peserta didik. Kata kunci : flipped learning, visualisasi molekul 3D, hidrokarbon, keterampilan mengkomunikasikan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308324573 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:15
Terakhir diubah: 17 Feb 2025 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84014

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir