EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Annisa Purnama, Putri H (2025) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1647Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1262Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan efektivitas model flipped learning pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Natar tahun ajaran 2024/2025 yang tersebar dalam dua belas kelas yaitu kelas XI 1 sampai XI 12. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah XI 4 sebagai kelas eksperimen dan XI 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS di kelas eksperimen sebesar 0,57 lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,28. Hasil pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS dengan penerapan model flipped learning pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata n-gain KPS dengan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol pada materi ikatan kimia. Hal ini menunjukkan bahwa model flipped learning pada materi ikatan kimia efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Kata kunci: flipped learning, keterampilan proses sains, ikatan kimia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308506510 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:16
Terakhir diubah: 17 Feb 2025 04:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84019

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir