EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI

Alvira, Melinda (2024) EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2523Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1984Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Kimia SMAN 6 Metro Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel penelitian kelas XI Kimia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kimia 3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Desain pada penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan proses sains peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 0,7 dengan kriteria “tinggi”, sedangkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,43 dengan kriteria “sedang”. Hasil analisis data me- nunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain keterampilan proses sains yang signifikan antara kelas eksperimen yang diterapkan model inquiry lesson dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjuk- kan bahwa model inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Kata kunci: inquiry lesson, keterampilan proses sains, laju reaksi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308176843 . Digilib
Date Deposited: 18 Feb 2025 02:18
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84142

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir