Alvira, Melinda (2024) EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY LESSON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FAKTOR FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL .pdf Restricted to Hanya staf Download (2523Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1984Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model inquiry lesson dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Kimia SMAN 6 Metro Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel penelitian kelas XI Kimia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kimia 3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Desain pada penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan proses sains peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 0,7 dengan kriteria “tinggi”, sedangkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,43 dengan kriteria “sedang”. Hasil analisis data me- nunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain keterampilan proses sains yang signifikan antara kelas eksperimen yang diterapkan model inquiry lesson dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjuk- kan bahwa model inquiry lesson efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Kata kunci: inquiry lesson, keterampilan proses sains, laju reaksi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308176843 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 02:18 |
Terakhir diubah: | 18 Feb 2025 02:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84142 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |