PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI BIOTEKNOLOGI DI MTS MAMBA’UL ULUM

Mei, Guna Cikita Pilagis (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI BIOTEKNOLOGI DI MTS MAMBA’UL ULUM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1.ABSTRAK.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
2.SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2593Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3.SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1991Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi bioteknologi di MTs Mamba′ul Ulum. Sampel pada penelitian ditetapkan dengan ini menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 35 peserta didik dari kelas IXB sebagai kelas eksperimen dan 36 peserta didik dari kelas IXC sebagai kelas kontrol. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain yang digunakan non equivalent control group design. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif hasil pretest dan posttest soal bentuk essay serta data kualitatif hasil angket tanggapan peserta didik. Data dianalisis dengan menggunkan uji independent sample t test. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 ˂ 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hasil tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kedua kelas. Hasil angket tanggapan peserta didik juga menunjukkan respon dengan kategori baik dengan rata- rata 70,5%. Dengan demikian, model PjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Bioteknologi di MTs Mamba′ul Ulum. Kata kunci: berpikir kritis, model PjBL, bioteknologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308236395 . Digilib
Date Deposited: 18 Feb 2025 02:34
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84153

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir