PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK

FIFI , SALIA PUTRI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Fifi Salia Putri.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Fifi Salia Putri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2370Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Fifi Salia Putri.pdf

Download (2259Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan problem solving peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Natar pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment bentuk non-equivalent control group design, dengan sampel penelitian kelas XI IPA 7 dan XI IPA 6 yang berperan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan problem solving dilakukan menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda beralasan pada materi gelombang bunyi. Sebelum digunakan instrumen tes diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari model PBL berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan problem solving fisika peserta didik. Rata-rata N-Gain kedua kelas sampel secara keseluruhan berada pada kategori sedang, dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu sebesar 0,65 dan 0,39. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig.(2 tailed) 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan kemampuan problem solving fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji effect size menunjukkan pengaruh penerapan model PBL berbantuan laboratorium virtual terhadap kemampuan problem solving peserta didik berada pada kategori besar dengan nilai 0,99. Hal ini menunjukkan model PBL berbantuan laboratorium virtual berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Problem Solving, Model Problem Based Learning, Laboratorium Virtual.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 18 Feb 2025 03:44
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84205

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir