Siregar, Tiarlina (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJECT PADA SISWA KELAS V SDN 3 SUKARAJA BANDAR LAMPUNG TP 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataa.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (183Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (149Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA OK.pdf - Published Version Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran skripsi.pdf - Published Version Download (1160Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (1483Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan guru terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V yang rendah. Nilai rata – rata prestasi mata pelajara IPA siswa kelas V SDN 3 Sukaraja pada uji tengan semester Tahun Pelajaran 2010/2011 belum mencapai ketuntasan secara klasikal karena dari 24 siswa hanya 8 siswa yang mencapai KKM, artinya 33 % siswa yang tuntas, sedangkan seharusnya ketuntasan dicapai oleh > 60 % siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan alat peraga, Science Education Quality Improvement Project pada siswa kelas v SDN 3 Sukaraja Bandar Lampung semester II TP/ 2010 / 2011. Metode yang dipilih peneliti adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa dan rancangan pembelajaran yang disusun peneliti, dan tes hasil belajar setiap akhir siklus penelitian . Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus sederhana yaitu prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus aktivitas belajar siklus ke I rata – rata 42 % , siklus ke 2 rata – rata 72 % berarti meningkat 30 %, sedangkan hasil belajar siklus ke 1 rata - rata 54 % dan siklus ke 2 mencapai 87,5 %, maka hasil belajar siswa rata - rata meningkat 33,5 % , aktivitas belajar siswa pada siklus ke 3 mencapai rata - rata 75 % sedangkan hasil belajar siswa mencapai 100%. Dengan demikian hipotesis teruji positif dan selanjutnya disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan alat peraga SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJECT dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar siswa SDN 3 Sukaraja Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung Semester II Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Kata kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar dan alat peraga. Science Education Education Quality Improvement Project
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 06:53 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2014 06:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/843 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |