PENGARUH PENERAPAN e-LEARNING PADA PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Silvia , Khoirunnisa (2024) PENGARUH PENERAPAN e-LEARNING PADA PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Silvia Khoirunnisa - Silvia Khoirunnisa.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Tanpa Lampiran_Silvia Khoirunnisa - Silvia Khoirunnisa.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1580Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_Silvia Khoirunnisa - Silvia Khoirunnisa.pdf

Download (1133Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan WhatsApp berbasis inkuiri terbimbing pada materi usaha dan energi. Penelitian dilaksanakan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung pada kelas X IPA 1 dan X IPA 2 menggunakan penelitian eskperimen dengan desain penelitian non- equivalent control group design. Instrumen pada penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda beralasan pada materi usaha dan energi. Hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi dianalisis dengan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi dan N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis independent simple T-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,003 <0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kelas eskperimen dan kelas kontrol. Hasil uji effect size diperoleh sebesar 0,9282 dengan kategori besar yang berarti pembelajaran menggunakan WhatsApp berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh sangat baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan WhatsApp pada materi usaha dan energi berpengaruh tinggi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata Kunci: E-learning, Usaha dan Energi, Inkuiri Terbimbing, WhatsApp, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 18 Feb 2025 07:37
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84300

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir