IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROYEK PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK

Rina, Damayanti (2025) IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROYEK PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (2628Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Pembahasan_Rina Damayanti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2668Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_Rina Damayanti.pdf

Download (2631Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan problem solving melalui implementasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis proyek pada materi alat optik. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol di SMA Life Skills Kesuma Bangsa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Terdapat dua variabel penelitian, yaitu variabel bebas (LKPD berbasis proyek pada materi alat optik) dan variabel terikat (kemampuan problem solving peserta didik). Analisis data kemudian diuji Ngain dan uji Independent Sample T-Test. Hasil uji Ngain menunjukkan peningkatan kemampuan problem solving pada kelompok eksperimen tercatat sebesar 0,71 tergolong tinggi, sedangkan kelompok kontrol menunjukkan nilai 0,5 tergolong sedang. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai sig. 2-tailed nilai 0,000 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan problem solving peserta didik di kelas eksperimen dibandingkan dengan peserta didik di kelas kontrol. Temuan ini secara jelas menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis proyek mengenai materi alat optik telah memberikan dampak positif dan dapat meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik secara signifikan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308694810 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2025 06:29
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84441

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir