PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNO-STEM PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Dea , Citra Kharisma (2024) PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNO-STEM PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
FILE ABSTRAK - Dea Citra Kharisma.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Dea Citra Kharisma.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2356Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Dea Citra Kharisma.pdf

Download (1262Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu keterampilan yang dianggap sebagai kompetensi utama abad ke-21, yaitu keterampilan berpikir kreatif. Hasil angket keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMAN 4 Metro menunjukkan terdapat beberapa indikator keterampilan berpikir kreatif yang masih rendah, yaitu fluency dan elaboration. Penerapan model Inquiry Based Learning terintegrasi etno-STEM diharapkan mampu menjadi solusi baru melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Inquiry Based Learning terintegrasi etno- STEM pada materi kesetimbangan benda tegar terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI 1 yang berjumlah 34 peserta didik dan XI 4 yang berjumlah 33 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa lembar tes soal pretest dan posttest yang berjumlah sepuluh butir soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif dengan rata-rata N-gain sebesar 0,47 pada kategori sedang. Hasil Independent Sample T-Test dan ANCOVA memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai effect size sebesar 0,742 pada kategori besar yang artinya penerapan model Inquiry Based Learning terintegrasi etno-STEM pada materi kesetimbangan benda tegar berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: Inquiry Based Learning, Pendekatan etno-STEM, keterampilan berpikir kreatif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 19 Feb 2025 02:53
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 02:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84447

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir