Cut , Hanifah Fardhany (2024) PENGEMBANGAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS TEKS PROSEDUR BERBAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
abstrak - Cut Hanifah Fardhany.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
CUT HANIFAH TESIS FULL TANPA LAMPIRAN - Cut Hanifah Fardhany.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
CUT HANIFAH TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN & LAMPIRAN - Cut Hanifah Fardhany.pdf Download (2422Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: 1) menganalisis potensi dan kondisi pengembangan, 2) menganalisis proses pengembangan, 3) menganalisis karakteristik pengembangan, 4) menganalisis pengaruh video berbasis SAVI dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada materi menulis teks prosedur kelas X di SMKN 1 Way Panji. Penelitian ini merupakan penelitian R&D Borg and Gall dengan 7 langkah. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) potensi dan kondisi di SMKN 1 Way Panji, fasilitas pembelajaran serta sumber daya sekolah, sangat mendukung untuk dikembangkannya media video pembelajaran SAVI; (2) proses pengembangan video melibatkan validasi ahli media dengan hasil akhir dari validator sebesar 84,02% (layak), ahli materi 92,09% (sangat layak), serta hasil akhir dari validasi desain sebesar 88,46% (layak); (3) karakteristik media, berupa video pembelajaran digital dengan teks prosedur (Manuals & Tips) durasi video sekitar 3 – 5 menit, dipakai dengan pembelajaran SAVI; dan (4) Pembelajaran SAVI menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, dimana terdapat perubahan hasil belajar peserta didik pada saat menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis SAVI saat menulis teks prosedur berbahasa Inggris SMK kelas X. Kata Kunci: video pembelajaran, SAVI, menulis Bahasa Inggris, teks prosedur. This research is development research which aims to: 1) analyze the potential and conditions of development, 2) analyze the development process, 3) analyze the characteristics of development, 4) analyze the influence of SAVI-based videos in learning English on class X procedural text writing material at SMKN 1 Way Panji. This research is Borg and Gall R&D research with 7 steps. Data collection uses observation, questionnaires, interviews, written tests, and documentation. The data analysis technique uses descriptive statistics. The research results show (1) the potential and conditions at SMKN 1 Way Panji, learning facilities and school resources, are very supportive for the development of SAVI learning video media; (2) the video development process involves media expert validation with the final result from validators being 84.02% (feasible), material experts 92.09% (very feasible), and the final result from design validation being 88.46% (feasible); (3) media characteristics, in the form of digital learning videos with procedural texts (Manuals & Tips) with a video duration of around 3 - 5 minutes, used with SAVI learning; and (4) SAVI learning shows a sig (2-tailed) value of 0.00 < 0.05, where there is a change in the results of learning students when using SAVI – based visual audio learning media when writing English Procedureal Text material in SMK class X. Keywords: learning videos, SAVI, English writing, procedure texts.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 04:28 |
Terakhir diubah: | 19 Feb 2025 04:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84524 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |