PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

ARYA CHANDRA, KIRANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
skripsi hanya abstrak.pdf - C_09_Arya Chandra Kirana.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi tanpa lampiran 1-101 - C_09_Arya Chandra Kirana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1470Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
skripsi tanpa pembahasan - C_09_Arya Chandra Kirana.pdf

Download (1441Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PPKn peserta didik kelas V SD Negeri 1 sawah lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh pada penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantu media media flashcard terhadap hasil belajar PPKn peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control grup design. Populasi penelitian berjumlah 107 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling, dan jenis sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Pengujian hipotesis yang pertama untuk melihat pengaruh menggunakan uji regresi linear sederhana dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,168 ≥ 1,708 dan nilai sig diperoleh 0,000 < 0,05, maka Ha ditolak dan Ho diterima, kemudian untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar menggunakan uji N-Gain dengan hasil 0,6409 < 0,7 yang berarti berada pada kategori sedang. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari model contextual teaching and leaening berbantu media flashcard terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Sawah Lama. Kata Kunci: contextual teaching and learning, flashcard, hasil belajar The problem of this research is the low PPKn learning outcomes of class V students at SD Negeri 1 Sawah Lama. The aim of this research is to describe and analyze the influence of the use of contextual teaching and learning models assisted by flashcard media on students' PPKn learning outcomes. This type of research is quantitative research, the research design used is non-equivalent control group design. The research population consisted of 107 students. The research sampling technique used nonprobability sampling technique, and the type of sample used was purposive sampling. Data collection techniques using test and non-test techniques. The first hypothesis test is to see the effect using a simple linear regression test with the result of tcount being greater than ttable, namely 5.168 ≥ 1.708 and the sig value obtained is 0.000 < 0.05, then Ha is rejected and Ho is accepted, then to see an increase in learning outcomes using the N test -Gain with a result of 0.6409 <0.7 which means it is in the medium category. The results of this research are that there is an influence of the contextual teaching and learning model assisted by flashcard media on the PPKn learning outcomes of class V students at SD Negeri 1 Sawah Lama. Keywords: contextual teaching and learning, flashcards, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 19 Feb 2025 06:42
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84574

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir