ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN INFORMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 BELALAU

SELVIA , AMARA PUTRI (2025) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN INFORMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 BELALAU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1894Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1528Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Informatika di SMA Negeri 1 Belalau dengan fokus pada tiga aspek utama yaitu kesesuaian perangkat pembelajaran yang digunakan, pelaksanaan pembelajaran, dan asesmen yang diterapkan. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara dengan guru Informatika, serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah mengadopsi prinsip fleksibilitas dan relevansi sesuai Kurikulum Merdeka, seperti penggunaan modul ajar aplikatif dan platform digital. Kendala utama dalam pelaksanaan pembelajaran Informatika adalah keterbatasan fasilitas, terutama jumlah komputer yang terbatas. Proses pembelajaran mengadopsi pendekatan berbasis proyek yang mendorong siswa untuk mengaplikasikan keterampilan Informatika secara praktis. Kolaborasi antar siswa menjadi salah satu aspek positif, tetapi kurangnya pelatihan guru dan keterbatasan teknologi membatasi eksplorasi siswa terhadap keterampilan teknis yang lebih kompleks. Aspek asesmen telah mencerminkan pelaksanaan prinsip formatif, diagnostik, dan sumatif sesuai Kurikulum Merdeka, dengan dukungan platform digital seperti Google Classroom. Hambatan pada akses internet yang tidak merata dan kurangnya rubrik penilaian yang komprehensif menjadi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini telah memaparkan pemaparan dari penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Informatika di SMA Negeri 1 Belalau yang diharapkan dapat menjadi dasar perbaikan strategi pembelajaran, penyediaan fasilitas, dan peningkatan kompetensi guru. Kata Kunci: Analisis Penerapan, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Informatika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2308907603 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2025 08:54
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 08:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84608

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir