PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)-STEM MELALUI FIELD EXPERIMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP N 1 WONOSOBO

Nofyana, Safitri (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)-STEM MELALUI FIELD EXPERIMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP N 1 WONOSOBO. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Nofyana Safitri.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_NOFYANA SAFITRI - Nofyana Safitri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2203Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN_NOFYANA SAFITRI - Nofyana Safitri.pdf

Download (1910Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan model project based learning (PjBL)-STEM melalui field experiment terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bioteknologi di SMP Negeri 1 Wonosobo. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest- postest non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 179 siswa kelas IX. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas IX B sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan IX D sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mengggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment sedangkan kelas kontrol menggunakan model PjBL-STEM. Data yang diukur dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa nilai kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dan data respon siswa tentang pembelajaran menggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment yang dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PjBL-STEM melalui field experiment terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai sig (2-tailed) 0,05 < 0,00 dan rata-rata N-gain sebesar 0,34 dengan kriteria “sedang” pada kelas eksperimen dan 0,12 dengan kriteria “rendah” pada kelas kontrol. Berdasarkan perolehan hasil produk kreatif siswa sebesar 82% dengan kriteria “sangat kreatif” pada kelas eksperimen. Selain itu, perolehan hasil angket respon siswa sebesar 90,35% berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment dapat meningkatkan rasa keingintahuan dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL-STEM melalui field experiment berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Bioteknologi, Kemampuan berpikir kreatif, Model PjBL-STEM field experiment

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 20 Feb 2025 08:27
Terakhir diubah: 20 Feb 2025 08:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84751

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir