Nofyana, Safitri (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)-STEM MELALUI FIELD EXPERIMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP N 1 WONOSOBO. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Nofyana Safitri.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_NOFYANA SAFITRI - Nofyana Safitri.pdf Restricted to Hanya staf Download (2203Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN_NOFYANA SAFITRI - Nofyana Safitri.pdf Download (1910Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan model project based learning (PjBL)-STEM melalui field experiment terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bioteknologi di SMP Negeri 1 Wonosobo. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest- postest non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 179 siswa kelas IX. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas IX B sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan IX D sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mengggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment sedangkan kelas kontrol menggunakan model PjBL-STEM. Data yang diukur dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa nilai kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dan data respon siswa tentang pembelajaran menggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment yang dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PjBL-STEM melalui field experiment terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai sig (2-tailed) 0,05 < 0,00 dan rata-rata N-gain sebesar 0,34 dengan kriteria “sedang” pada kelas eksperimen dan 0,12 dengan kriteria “rendah” pada kelas kontrol. Berdasarkan perolehan hasil produk kreatif siswa sebesar 82% dengan kriteria “sangat kreatif” pada kelas eksperimen. Selain itu, perolehan hasil angket respon siswa sebesar 90,35% berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL-STEM melalui field experiment dapat meningkatkan rasa keingintahuan dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL-STEM melalui field experiment berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Bioteknologi, Kemampuan berpikir kreatif, Model PjBL-STEM field experiment
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 08:27 |
Terakhir diubah: | 20 Feb 2025 08:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84751 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |