ADELIA , RAFIKA PUTRI (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_Adelia Rafika Putri_2013021028 - adelia rafika putri.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi Full_Adelia Rafika Putri_2013021028 - adelia rafika putri.pdf Restricted to Hanya staf Download (1428Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_Adelia Rafika Putri_2013021028 - adelia rafika putri.pdf Download (1318Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 295 siswa yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas yaitu VIII-A sampai VIII-J. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan VIII-E sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 28 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest- posttest control group design. Data penelitian ini yaitu berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) diperoleh bahwa rata-rata gain skor kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga lebih tinggi daripada rata- rata gain skor kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kesimpulannya adalah bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: alat peraga, discovery learning, kemampuan pemahaman konsep matematis, pengaruh
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 07:51 |
Terakhir diubah: | 21 Feb 2025 07:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84923 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |