PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sidomulyo Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

EKA , DWI PUSPITASARI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sidomulyo Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Eka Dwi Puspitasari_2013021059 - ekadwi puspitasari04.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Eka Dwi Puspitasari_2013021059 - ekadwi puspitasari04.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2104Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Bab Pembahasan_Eka Dwi Puspitasari_2013021059 - ekadwi puspitasari04.pdf

Download (2028Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidomulyo tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 302 yang terdistribusi dalam 9 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C yang masing-masing terdiri dari 32 siswa dan 34 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran model PBL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada rata-rata gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penggunaan model PBL berbantuan GeoGebra berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan model PBL berbantuan GeoGebra hendaknya dijadikan sebagai pertimbangan dalam proses pembelajaran oleh guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci : GeoGebra, kemampuan pemecahan masalah matematis, pengaruh, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 21 Feb 2025 08:04
Terakhir diubah: 21 Feb 2025 08:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84929

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir