IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE THINKING SISWA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN

Elpin , Nurul Rahmayani (2024) IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE THINKING SISWA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ELPIN NURUL RAHMAYANI.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - ELPIN NURUL RAHMAYANI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3248Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - ELPIN NURUL RAHMAYANI.pdf

Download (1919Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan implementasi PBL berbasis STEM dengan strategi Design Thinking untuk meningkatkan kemampuan Creative Thinking peserta didik pada topik energi terbarukan. Penelitian ini dilakukan di SMA Global Surya Bandar Lampung menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu The Non-Equivalent Control Group Design. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar tes soal uraian. Pembelajaran model PBL berbasis STEM dengan strategi design thinking dikatakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,52 dengan kategori sedang lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol dengan rata-rata N-gain sebesar 0,30 dengan kategori rendah. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol. Hal ini juga didukung dengan data perolehan dari uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang dapat disimpulkan bahwa implementasi PBL berbasis STEM dengan strategi design thinking dapat meningkatkan kemampuan creative thinking peserta didik pada topik energi terbarukan. Kata kunci: Creative Thinking, Design Thinking, PBL, STEM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 22 Feb 2025 04:23
Terakhir diubah: 22 Feb 2025 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85024

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir