RIZKINA, ANGGRAINI WIJAYA (2024) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 01 RAJABASA RAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (266Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL_RIZKINA_TANPA LAMPIRAN.pdf Restricted to Hanya staf Download (2582Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL_RIZKINA_TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1946Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SD Negeri 01 Rajabasa Raya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode demonstrasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 01 Rajabasa Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Sampel terdiri dari 58 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diberikan metode demonstrasi dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui angket minat belajar dan tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan uji statistik regresi untuk menguji pengaruh kedua variabel independen terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh signifikan antara pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar matematika, 2) terdapat pengaruh signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika, 3) terdapat pengaruh signifikan antara metode demonstrasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan teori behaviorisme, metode demonstrasi berfungsi sebagai stimulus yang mengarah pada respons positif peserta didik, seperti peningkatan minat dan pemahaman yang pada gilirannya berpengaruh pada hasil belajar mereka. Penelitian ini sejalan dengan temuan dalam penelitian oleh Sari (2019) yang menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika di tingkat SD dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan metode demonstrasi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kata kunci : Hasil belajar, matematika, metode demonstrasi, minat belajar. The problem in this study is the low mathematics learning outcomes of students at SD Negeri 01 Rajabasa Raya. The purpose of this study is to examine the influence of the demonstration method and learning interest on the mathematics learning outcomes of fifth-grade students at SD Negeri 01 Rajabasa Raya. This study uses a quantitative method with a quasi-experimental design. The sample consists of 58 students divided into two groups, the experimental class, which is taught using the demonstration method, and the control class, which is taught using conventional methods. Data collection was conducted through learning interest questionnaires and mathematics learning outcome tests. Data analysis used regression statistical tests to examine the effect of both independent variables on learning outcomes. The findings of this study are: 1) there is a significant effect of the demonstration method on mathematics learning outcomes, 2) there is a significant effect of learning interest on mathematics learning outcomes, 3) there is a significant effect of both the demonstration method and learning interest on mathematics learning outcomes. Based on behaviorist theory, the demonstration method serves as a stimulus that leads to a positive response from students, such as increased interest and understanding, which in turn influences their learning outcomes. This study is consistent with the findings of research by Sari (2019), which shows that the use of the demonstration method in teaching mathematics at the elementary school level can improve student motivation and learning outcomes. This study emphasizes the importance of implementing the demonstration method to enhance the quality of education in elementary schools. Keywords: Learning outcomes, Mathematics, demonstration method, learning interest
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2308277800 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 06:55 |
Terakhir diubah: | 27 Feb 2025 06:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85048 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |