Mohamad Ari, Prasurya (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Studi Lapangan Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Way Jepara Tahun 2024. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (320Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1026Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (747Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran geografi dengan penggunaan model konvensional kurang melibatkan peserta didik secara aktif, khususnya dalam memahami konsep geografi. Penggunaan model pembelajaran studi lapangan menawarkan solusi melalui pembelajaran langsung di lingkungan nyata yang sesuai dengan pembelajaran geografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran studi lapangan terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Way Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design menggunakan rancangan two-group pretest-posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 peserta didik yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 33 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample t Test dan uji N-Gain Score berbantuan SPSS versi 29. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung 11,145 > ttabel 1,999, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran studi lapangan terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik. Efektivitas penggunaan model pembelajaran studi lapangan juga dapat dilihat berdasarkan perbedaan nilai rata-rata (mean) N-Gain Score pada kelas eksperimen sebesar 58,74% (cukup efektif) dan kelas kontrol sebesar 31,62% (tidak efektif). Dengan demikian, model pembelajaran studi lapangan dinilai cukup efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik dalam memahami konsepkonsep geografi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 900 Sejarah dan Geografi 900 Sejarah dan Geografi > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 2308830143 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 04:36 |
Terakhir diubah: | 28 Feb 2025 04:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85173 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |