PENGARUH KEGIATAN P5 TERHADAP PENINGKATKAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG

RAMADHANI , ADITIA TRI HADMAZA (2024) PENGARUH KEGIATAN P5 TERHADAP PENINGKATKAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Ramadhani Aditia Tri. H - Raditya Trihadmaja.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran_Ramadhani Aditia Tri. H - Raditya Trihadmaja.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2689Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan_Ramadhani Aditia tri. H - Raditya Trihadmaja.pdf

Download (2592Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kegiatan P5 sebagai upaya peningkatan perilaku peserta didik. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan penguatan karakter dan kompetensi yang perlu untuk dimiliki oleh peserta didik di Indonesia baik di saat sedang dalam proses pembelajaran bahkan pada saat terjun di masyarakat. Melalui beberapa penerapan 6 dimensi profil pelajar Pancasila antara lain beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, berkebinekaan global, dan kreatif. Dengan hal ini diharapkan bangsa Indonesia terutama generasi penerus bangsa menjadi individu yang berkarakter dan mampu menghadapi tantangan abad 21 dengan berpegang teguh terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai landasan falsafah negara kita secara konsisten dengan dapat mewujudkan kehidupan bangsa yang sejahtera dan bermartabat sebagai salah satu amanat undang- undang dasar tahun 1945. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 31 peserta didik SMP 22 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan wawancara yang sebelumnya telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh Kegiatan P5 terhadap peningkatan perilaku peserta didik SMP Negeri 22 Bandar Lampung, Hal ini dapat dilihat dari hasil uji analisis regresi linier sederhana antara variable bebas (X) dan variable terikat (Y) dengan presentase sebesar 37,1%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwasanya Kegiatan P5 memiliki pengaruh terhadap Peningkatan P5 peserta didik di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Kata kunci : Berakhlak Mulia, Mandiri, Berkebinekaan Global, Kreatif, Gotong Royong EFFECT OF P5 ACTIVITIES ON IMPROVEMENT BEHAVIOR OF CLASS VIII STUDENTS IN SMP STATE 22 BANDAR LAMPUNG By RAMADHANI ADITIA TRI HADMAZA This research aims to determine the effect of P5 activities as an effort to improve student behavior. The project to strengthen the profile of Pancasila students is to strengthen the character and competencies that students in Indonesia need to have both when they are in the learning process and even when they are involved in society. Through several applications of the 6 dimensions of the Pancasila student profile, including faith and devotion to God Almighty, independence, mutual cooperation, critical reasoning, global diversity, and creativity. With this, it is hoped that the Indonesian people, especially the nation's next generation, will become individuals with character and be able to face the challenges of the 21st century by adhering firmly to the values contained in Pancasila as the foundation of our country's philosophy consistently by being able to realize a prosperous and dignified national life as one of the mandate of the 1945 constitution. The method used in this study uses quantitative methods with a sample size of 31 students at SMP 22 Bandar Lampung. The data collection techniques used were questionnaires and interviews which had previously been validated. The research results show that there is an influence of P5 activities on improving the behavior of students at SMP Negeri 22 Bandar Lampung. This can be seen from the results of a simple linear regression analysis test between the independent variable (X) and the dependent variable (Y) with a percentage of 37,1%. Thus, it can be said that P5 activities have an influence on improving the P5 of students at SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Keywords : Noble character, independent, global diversity, creative, mutual cooperation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:27
Terakhir diubah: 03 Mar 2025 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85324

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir