IQBAL , MAULANA ADITYA (2024) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA (Studi pada UMKM Produsen Kue di Kelurahan Bandar Jaya Kabupaten Lampung Tengah). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Iqbal Maulana Aditya.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - Iqbal Maulana Aditya.pdf Restricted to Hanya staf Download (3533Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Iqbal Maulana Aditya.pdf Download (3381Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh UMKM Produsen Kue di Bandar Jaya dalam menghadapi persaingan usaha. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah menganalisis strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh UMKM Produsen kue yang mencakup aspek produk, harga, distribusi, dan promosi untuk menghadapi persaingan usaha. Informan pada penelitian ini adalah pemilik usaha dari Raffaza Cake & Cookies, Like Butter, Kue Mama Tia, dan Omah Kue Bu Tutut. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap usaha kue menerapkan pendekatan yang berbeda dalam bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Kue Mama Tia, Omah Kue Bu Tutut, dan Raffaza Cake & Cookies cenderung fokus pada aspek produk dan promosi, sementara Like Butter menonjolkan perhitungan harga yang cermat, pemanfaatan media sosial yang luas, dan strategi place yang ideal melalui lokasi dan distribusi. Kata Kunci: Strategi Bauran Pemasaran, Persaingan Usaha, UMKM, Kue. ABSTRACT ANALYSIS OF MARKETING MIX STRATEGIES IN FACING BUSINESS COMPETITION (Study of Cake Producer UMKM in Bandar Jaya Village, Central Lampung Regency) By : IQBAL MAULANA ADITYA This research aims to find out what marketing mix strategies are implemented by MSME Cake Producers in Bandar Jaya in facing business competition. The type of research used in this research is descriptive research with a qualitative approach. The focus of the research is to analyze the marketing mix strategy used by MSME cake producers which includes product, price, distribution and promotion aspects to face business competition. The informants in this research were business owners from Raffaza Cake & Cookies, Like Butter, Kue Mama Tia, and Omah Kue Bu Tutut. Data was collected through observation, interviews and documentation. The data analysis technique is carried out through 3 stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that each cake business applies a different approach in the 4P marketing mix (Product, Price, Place, Promotion). Kue Mama Tia, Omah Kue Bu Tutut, and Raffaza Cake & Cookies tend to focus on product and promotional aspects, while Like Butter emphasizes careful price calculations, extensive use of social media, and ideal place strategies through location and distribution. Keywords: Marketing Mix Strategies, Business Competition, SMEs, Cake.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:17 |
Terakhir diubah: | 05 Mar 2025 04:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85447 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |