, YULIAWATI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 02 MENGGALA KECAMATAN MENGGALA MELALUI METODE BERMAIN PERAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I PEMDAHULUAN.pdf - Published Version Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (151Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN - Copy.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (385Kb) |
||
|
File PDF
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAK1 yulia wati.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (1924Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
maksimal terutama pada mata pelajaran IPS, anak merasa bosan dan kurang tertarik pada pembelajaran IPS, hal ini yang menyebabkan rendahnya nilai prestasi belajar siswa dan tidak tercapainya nilai KKM yang diharapkan, untuk itu perlu dicarikan metode yang cocok dan membuat siswa lebih tertarik untuk belajar, agar prestasi belajar meningkat. Peneliti menggunakan metode bermain peran atau sosio drama Tujuan penelitian adalah meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN 02 Menggala dengan menggunakan metode bermain peran Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi tindakan kelas, atau lazim dikenal dengan nama classroom action reseach. Prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, disetiap siklus terdapat 4 tindakan yakni; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN 02 Menggala. Hal ini ditandai dengan adanya: peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM dari 15 orang siswa (60%) menjadi 21 orang siswa (84%) dan meningkatnya aktivitas siswa dalam belajar dari 48% = C (cukup) menjadi 70% = A (aktif). Kesimpulan metode bermain peran merupakan metode yang menitik beratkan pada kegiatan siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar, penghayatan peran yang dilakukan oleh siswa, akan mempermudah pemahaman terhadap suatu konsep dan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan pencapaian ketuntasan sebesar 84%. Kata kunci : Prestasi belajar, metode bermain peran, IPS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 07:36 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2014 07:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/855 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |