PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

Nur , Aini (2024) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Nur Aini - Nur Aini.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Skripsi_Nur Aini - Nur Aini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2164Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Full Skripsi Tanpa Pembahasan_Nur Aini - Nur Aini.pdf

Download (2398Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 298 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan VIII-H sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Hasil uji coba menunjukkan bahwa instrumen tes dinyatakan valid, reliabel, daya pembeda cukup, baik dan sangat baik; dan tingkat kesukaran sedang. Data penelitian berupa gain pemahaman konsep matematis siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model Learning Cycle 7E lebih tinggi daripada yang mengikuti model problem based learning. Hal ini menunjukkan model Learning Cycle 7E berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: learning cycle 7E, pemahaman konsep matematis, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 06 Mar 2025 03:49
Terakhir diubah: 06 Mar 2025 03:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85539

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir