Annisa , Hasbid (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 3 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_ANNISA HASBID - Annisa Hasbid.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL_ANNISA HASBID - Annisa Hasbid.pdf Restricted to Hanya staf Download (1821Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_ANNISA HASBID - Annisa Hasbid.pdf Download (1541Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada peserta didik di kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan metode quasi experimental design dan desain penelitian nonequivalent control group desain yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VA dan VB yang berjumlah 37 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana yang menunjukkan Fhitung = 26,76 > Ftabel = 4,41. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2023/2024. Kata kunci: hasil belajar IPA, media interaktif, model pembelajaran contextual teaching and learning The problem in this study the low science learning outcomes for students in class V at SD Negeri 3 Metro Pusat. This study aims to determine the effect of contextual teaching and learning model assisted by interactive media on science learning outcomes of class V students at Elementary School 3 Metro Pusat. The study used is quantitative research with an experimental approach using a quasi experimental design method and a nonequivalent control group research design involving an experimental class and a control class. The population and sample in this study was all students in classes VA and VB, totaling 37 students. Data collection techniques in this research used test and non-test techniques. The data were analysis used a simple linear regression test formula which showed Fcount = 26,76 > Ftable = 4,41. The results of this study indicate that there is an effect of the contextual teaching and learning (CTL) model assisted by interactive media on science learning outcomes of class V students at Elementary School 3 Metro Pusat in the 2023/2024 Learning Year. Keywords: contextual teaching and learning model, interactive media, science learning result
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 03:34 |
Terakhir diubah: | 07 Mar 2025 03:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85661 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |