PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Bintang Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023)

ANNISA , OLVIANITA SARI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Bintang Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Annisa Olvianita.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Annisa Olvianita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Annisa Olvianita.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan strategi flipped classroom terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 146 siswa yang terbagi ke dalam 5 kelas secara heterogen. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-B sebanyak 30 siswa dan VIII-E sebanyak 24 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah posttest-only control design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes uraian kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan strategi flipped classroom lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan strategi flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjung Bintang semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Kata kunci: flipped clasroom, pengaruh, representasi matematis siswa, think pair share.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:40
Terakhir diubah: 07 Mar 2025 03:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85663

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir