PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN DALAM BERBICARA PADA SISWA DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

SOPHIA , NAIFA SAFRIL (2025) PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN DALAM BERBICARA PADA SISWA DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTARCT.pdf

Download (262Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1331Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1074Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan perilaku asertif siswa di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik assertive training dalam meningkatkan kemampuan asertif siswa khususnya keberanian dalam berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain praeksperimen model one group pre test post test group design. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner perilaku asertif pada kelompok eksperimen yang terdiri dari 10 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menggunakan uji T menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada perilaku asertif siswa di kelompok eksperimen, dengan nilai P Value = 0,000 (P < 0,05). Selisih peningkatan antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen adalah sebesar 24%. Penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa khusunya keberanian dalam berbicara. Kata Kunci: Perilaku asertif, keberanian dalam berbicara, bimbingan kelompok, teknik assertive training

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2308641948 . Digilib
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:54
Terakhir diubah: 24 Mar 2025 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85701

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir