EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI DAN MEMPREDIKSI

Marsha , Khanisa Lubis (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI DAN MEMPREDIKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Marsha.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Marsha.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2701Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Marsha.pdf

Download (2428Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembe- lajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampi- lan mengklasifikasi dan memprediksi. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 13 Bandarlampung tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan didapat sam- pel kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 7 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching-only pretest-postest group design. Pengujian hipotesis data yang dilakukan adalah uji-t terhadap rata-rata skor postes. Hasil uji-t menunjukkan bahwa skor rata-rata postes kedua keterampilan di kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dengan rata-rata skor postes di kelas eksperimen sebesar 12,50 untuk keterampilan mengklasifikasi dan sebesar 12,38 untuk keterampilan memprediksi dengan skor maksimal untuk kedua keterampilan adalah 15, serta n-gain di kelas eksperimen dengan kategori tinggi untuk keterampilan mengklasifikasi dan memprediksi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan mengklasifikasi dan memprediksi pada materi laju reaksi. Kata kunci: inkuiri terbimbing, laju reaksi, keterampilan mengklasifikasi, keterampilan memprediksi. This study aims to describe the effectiveness of the guided inquiry learning model on reaction rate materials in improving classification and prediction skills. The population in this study is all students in class XI of SMA Negeri 13 Bandar- lampung for the 2023/2024 school year. Sampling was done using the purposive sampling technique, and samples were obtained from class XI 6 as the experimen- tal class and class XI 7 as the control class. The method used in this study is a quasi-experiment with the matching-only pretest-postest group design. The data hypothesis test carried out was independent sample t-test against the average postest score. The results of the independent sample t-test showed that the average score of the two skills in the experimental class had a significant difference with the average score of the postes in the experimental class of 12.50 for classifying skills and 12.38 for predicting skills with the maximum score for both skills being 15, as well as the n-gain in the experimental class with a high category for classifying and predicting skills. Based on the results of the study, it was concluded that the guided inquiry learning model was effective in improving the skills of classifying and predicting reaction rate materials. keywords: guided inquiry learning model, reaction rate, classifying skills, predicting skills.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:56
Terakhir diubah: 21 Mar 2025 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85741

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir