ROSALINDA , ALVIALLI (2025) EFEKTIVITAS PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WEBSITE INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN LITERASI SUSTAINABILITAS SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2788Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1789Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas problem-based learning berbantuan website interaktif dalam meningkatkan literasi sustainabilitas siswa kelas VII pada materi perubahan iklim di SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental berupa desain penelitiannya non-equivalent control group design dengan sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model problem-based learning berbantuan website interaktif dan kelas kontrol menggunakan model direct instruction. Instrumen penelitian berupa tes yang mengukur tiga aspek literasi sustainabilitas (pengetahuan, keterampilan, dan pola pikir). Hasil analisis hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji non parametrik mann-whitney diperoleh nilai sig. 0,00 kurang dari 0,05 yang menunjukkan adanya efektivitas problem-based learning berbantuan website interaktif terhadap peningkatan literasi sustainabilitas siswa. Kemudian, nilai effect size yang diperoleh adalah 2,38 pada aspek pengetahuan, 1,72 pada aspek keterampilan, serta 1,72 aspek pola pikir dengan kategori besar. Maka, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem-based learning berbantuan website interaktif memiliki efektivitas besar dalam meningkatkan literasi sustainabilitas siswa pada materi perubahan iklim. Kata kunci: Literasi Sustainabilitas, Pembelajaran IPA, Perubahan Iklim, Problem-based Learning, Website Interaktif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2308844265 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 04:45 |
Terakhir diubah: | 24 Mar 2025 04:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85760 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |