EFEKTIVITAS PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WEBSITE INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN LITERASI SUSTAINABILITAS SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

ROSALINDA , ALVIALLI (2025) EFEKTIVITAS PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WEBSITE INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN LITERASI SUSTAINABILITAS SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2788Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1789Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas problem-based learning berbantuan website interaktif dalam meningkatkan literasi sustainabilitas siswa kelas VII pada materi perubahan iklim di SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental berupa desain penelitiannya non-equivalent control group design dengan sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model problem-based learning berbantuan website interaktif dan kelas kontrol menggunakan model direct instruction. Instrumen penelitian berupa tes yang mengukur tiga aspek literasi sustainabilitas (pengetahuan, keterampilan, dan pola pikir). Hasil analisis hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji non parametrik mann-whitney diperoleh nilai sig. 0,00 kurang dari 0,05 yang menunjukkan adanya efektivitas problem-based learning berbantuan website interaktif terhadap peningkatan literasi sustainabilitas siswa. Kemudian, nilai effect size yang diperoleh adalah 2,38 pada aspek pengetahuan, 1,72 pada aspek keterampilan, serta 1,72 aspek pola pikir dengan kategori besar. Maka, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem-based learning berbantuan website interaktif memiliki efektivitas besar dalam meningkatkan literasi sustainabilitas siswa pada materi perubahan iklim. Kata kunci: Literasi Sustainabilitas, Pembelajaran IPA, Perubahan Iklim, Problem-based Learning, Website Interaktif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308844265 . Digilib
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:45
Terakhir diubah: 24 Mar 2025 04:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85760

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir