IMPLEMENTASI MODEL PBL TERINTEGRASI STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA PESERTA DIDIK SMA

TIARA , ANRALADILA NASUTION (2025) IMPLEMENTASI MODEL PBL TERINTEGRASI STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA PESERTA DIDIK SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1755Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1678Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa efektif penerapan model PBL terintegrasi STEM-EDP dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik SMA pada materi gerak lurus. Penelitian eksperimen kuantitatif ini dilaksanakan di SMAN 13 Bandar Lampung menggunakan desain non equivalent pretest-posttest control group design. Tes uraian digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL STEM-EDP dapat meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik, dengan rata-rata N-gain 0,79 di kelas eksperimen dan 0,33 di kelas kontrol. Perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut terlihat dari data uji Independent Sample T-Test, Paired T-Test, dan ANCOVA yang menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL terintegrasi STEM-EDP terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Selain itu, nilai effect size yang mencapai 0,802 menunjukkan bahwa model PBL STEM-EDP memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Kata Kunci: EDP, kemampuan literasi numerasi, PBL, STEM,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308958422 . Digilib
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:50
Terakhir diubah: 24 Mar 2025 04:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85767

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir