RESPONS PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS BERITA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA KELAS XI DI SMA YADIKA

IDA AYU , MADE KERTI ASIH (2025) RESPONS PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS BERITA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA KELAS XI DI SMA YADIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1769Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1559Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengetahui respons peserta didik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks berita berbasis Kurikulum Merdeka di kelas XI SMA Yadika. Fokus penelitian meliputi tiga komponen pembelajaran, yaitu metode, media, dan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survei populasi sebanyak 144 peserta didik pada kelas XI yang terdiri atas 4 kelas. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 92 peserta didik yang dipilih secara acak (random sampling). Data dikumpulkan melalui instrumen skala Likert dengan empat kategori jawaban sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Teknik analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dan landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stimulus dan respons pada pembelajaran yang menjelaskan bahwa stimulus yang diberikan pendidik melalui metode, media, dan bahan ajar yang digunakan akan mempengaruhi respons peserta didik. Berdasarkan hasil dari penelitian penggunaan metode, media, dan bahan ajar yang digunakan pendidik kelas XI SMA Yadika pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks berita memeroleh hasil persetujuan yakni 95,63% dari seluruh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Blended Learning dengan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dengan Social Emotional Learning (SEL) memperoleh tingkat persetujuan rata-rata 97,81%. Media pembelajaran berupa alat digital dan fisik mendukung pemahaman peserta didik dengan tingkat persetujuan 94,55%. Bahan ajar yang digunakan, seperti teks berita, video, dan referensi daring, dinilai relevan dan memadai dengan tingkat persetujuan yang sama, yakni 94,55%. Kata kunci: respons, peserta didik, kurikulum merdeka, pembelajaran, teks berita.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa > 402 Aneka ragam tentang ilmu bahasa
400 Bahasa > 490 Bahasa-bahasa lain
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2308919607 . Digilib
Date Deposited: 24 Mar 2025 05:08
Terakhir diubah: 24 Mar 2025 05:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85776

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir