PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF LIVEWORKSHEET BERBASIS OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII

Shella, Hamidah (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF LIVEWORKSHEET BERBASIS OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_SHELLA HAMIDAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2966Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1773Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-LKPD interaktif liveworksheet berbasis OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya serta mengetahui kelayakan dan efektivitas E-LKPD interkatif liveworksheet dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil di SMPN 2 Banjar Baru. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Sampel diambil menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sampel secara acak sehingga diperoleh kelas VII C sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh skor kelayakan E-LKPD dengan kriteria “sangat layak” dari penilaian ahli materi sebesar 86,33%, ahli bahasa sebesar 78,75%, ahli media sebesar 89,2%, dan ahli praktisi sebesar 95,5%. Kemudian produk diujicoba skala kecil memperoleh skor kelayakan sebesar 85,2%, ujicoba skala besar memperoleh skor kelayakan sebesar 89,08% dengan kriteria “sangat layak”, dan dari hasil nilai pretest-postest kelas eksperimen yang menggunakan E-LKPD mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,51 kriteria “sedang” serta dari hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Dari hasil perhitungan menggunakan effect size didapatkan skor sebesar 2,31 dengan kategori besar yang artinya penggunaan E-LKPD interaktif liveworksheet berbasis OBAK efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa E-LKPD interaktif liveworksheet berbasis OBAK yang telah dikembangkan memenuhi kategori sangat layak sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: E-LKPD interaktif liveworksheet, model pembelajaran OBAK, berpikir kritis, interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308280392 . Digilib
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:56
Terakhir diubah: 26 Mar 2025 01:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85830

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir