PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN TEMA KEWIRAUSAHAAN TERINTEGRASI PjBL-STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK DI SDN 2 SURABAYA LAMPUNG TENGAH

KENNY , RAMA DHANY (2025) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN TEMA KEWIRAUSAHAAN TERINTEGRASI PjBL-STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK DI SDN 2 SURABAYA LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2845Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas program pembelajaran berbasis PjBL-STEM dengan strategi design thinking untuk menstimulus keterampilan berpikir kreatif dan kewirausahaan peserta didik pada materi daur ulang sampah plastik. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE. Teknik analisis data pada pengembangan produk menggunakan analisis persentase terhadap skor validitas dan kepraktisan, serta analisis statistik untuk efektivitas. Hasil analisis data menunjukkan program pembelajaran kewirausahaan berbasis PjBL-STEM strategi design thinking valid untuk menstimulus keterampilan berpikir kreatif dan kewirausahaan peserta didik pada sampah plastik dengan bobot persentase 92,40% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan program pembelajaran memperoleh bobot persentase 93,03% dengan kriteria sangat praktis, dan efektivitas memperoleh N-Gain 0,65% dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa program pembelajaran dinyatakan valid yang memuat modul ajar secara isi tersusun atas komponen-komponen dari perencanaan pembelajaran yang menjadikan guru lebih terarah dalam melaksanakan pembelajaran dan waktu pelaksanaan lebih efisien. LKPD dan Handout telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik, kepraktisan program pembelajaran terkategori sangat praktis, sehingga dapat digunakan pada pembelajaran kewirausahaan SD Fase C, kelas V semester ganjil, efektivitas program pembelajaran terkategori sedang, sehingga program pembelajaran berbasis PjBL-STEM dengan strategi design thinking dinyatakan dapat menstimulus keterampilan berpikir kreatif dan kewirausahaan peserta didik. Kata kunci: Design thinking, Kewirausahaan, Kreatif, PjBL-STEM, program pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2308099254 . Digilib
Date Deposited: 11 Apr 2025 08:33
Terakhir diubah: 11 Apr 2025 08:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85952

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir