PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) MELALUI KARYA SASTRA AHMADUN YOSI HERFANDA TERHADAP PEMAHAMAN NASIONALISME PESERTA DIDIK

Jihan , Antika (2025) PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) MELALUI KARYA SASTRA AHMADUN YOSI HERFANDA TERHADAP PEMAHAMAN NASIONALISME PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2571Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1955Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Value Clarification Technique (VCT) melalui karya sastra Ahmadun Yosi Herfanda terhadap pemahaman nasionalisme peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Metode dalam penelitian ini yaitu metode quasy experiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pringsewu. Sampel penelitian ini berjumlah 72 responden yang terdiri dari 36 responden kelas eksperimen dan 36 responden kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai teknik pokok, sedangkan angket sebagai teknik penunjang. Teknik analisis data menggunakan Uji N- Gain Score dan Uji Regresi Linear Sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan N Gain Score menunjukkan bahwa penggunaan model Value Clarification Technique (VCT) memiliki nilai rata-rata (mean) untuk kelas eksperimen sebesar 74% yang dapat dikategorikan cukup efektif. Kemudian hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan hasil pengaruh yang positif dengan persentase sebesar 71,1 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) cukup efektif dalam membantu peserta didik kelas XI untuk memahami materi nasionalisme dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan model VCT ini memberikan pengaruh yang positif sebesar 71,1 % terhadap pemahaman nasionalisme, yakni peserta didik mampu untuk memahami nilai-nilai persatuan bangsa, nilai kemerdekaan atau bebas, nilai cinta tanah air, dan nilai menjaga kehormatan bangsa, serta keunggulan dari model VCT ini yaitu peserta didik tidak hanya memahami materi tapi juga mampu memaknai pembelajaran yang telah berlangsung. Kata Kunci: Model VCT, Karya Sastra, Nilai Nasionalisme, Pemahaman Nasionalisme, Pembelajaran Bermakna

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2308322771 . Digilib
Date Deposited: 15 Apr 2025 08:26
Terakhir diubah: 15 Apr 2025 08:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86034

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir