PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VB SDN 01 METRO TIMUR

, ZAHRIAL YUDHA PRAWIRA (2011) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VB SDN 01 METRO TIMUR. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf - Published Version

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
mengetahui.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyuataan.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (371Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (272Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV. bnr br.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1320Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (2431Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Sosial (IPS) di kelas VB SDN 01 Metro Timur belum berlangsung seperti apa yang diharapkan. Guru masih memposisikan dirinya sebagai satu-satunya sumber pembelajaran di kelas (teacher centered), sehingga siswa menjadi pasif. Hal ini berakibat kepada rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas Vb SDN 01 Metro Timur melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Jika pembelajaran menggunakan PBL dengan langkah-langkah yang tepat, maka dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas Vb SDN 01 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui 4 tahapan, yaitu (1) Perencanaan (Planing), (2) Pelaksanaan (Acting), (3) Pengamatan (Observing), (4) Refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, kinerja guru dan soal tes untuk mengetahui data hasil belajar siswa. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS kelas Vb SDN 01 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas siswa dan berdampak kepada peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I (49,77%), siklus II (67,92%), dan siklus III (83,78%). Begitu pula persentase hasil prestasi belajar siswa pada siklus I (58,62%), siklus II (62,06%), dan siklus III (82,75%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulakan bahwa penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas Vb SDN 01 Metro Timur. Kata Kunci : Metode Problem Based Learning (PBL), Aktivitas, Prestasi Belajar Siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 03 Feb 2014 02:39
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 02:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir