PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VB SDN 01 METRO TIMUR

, ZAHRIAL YUDHA PRAWIRA (2011) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VB SDN 01 METRO TIMUR. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
mengetahui.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyuataan.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (371Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (272Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV. bnr br.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1320Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (2431Kb)

Abstrak

Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Sosial (IPS) di kelas VB SDN 01 Metro Timur belum berlangsung seperti apa yang diharapkan. Guru masih memposisikan dirinya sebagai satu-satunya sumber pembelajaran di kelas (teacher centered), sehingga siswa menjadi pasif. Hal ini berakibat kepada rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas Vb SDN 01 Metro Timur melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Jika pembelajaran menggunakan PBL dengan langkah-langkah yang tepat, maka dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas Vb SDN 01 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui 4 tahapan, yaitu (1) Perencanaan (Planing), (2) Pelaksanaan (Acting), (3) Pengamatan (Observing), (4) Refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, kinerja guru dan soal tes untuk mengetahui data hasil belajar siswa. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS kelas Vb SDN 01 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas siswa dan berdampak kepada peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I (49,77%), siklus II (67,92%), dan siklus III (83,78%). Begitu pula persentase hasil prestasi belajar siswa pada siklus I (58,62%), siklus II (62,06%), dan siklus III (82,75%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulakan bahwa penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas Vb SDN 01 Metro Timur. Kata Kunci : Metode Problem Based Learning (PBL), Aktivitas, Prestasi Belajar Siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 03 Feb 2014 02:39
Last Modified: 03 Feb 2014 02:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item