HUBUNGAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU (PPI) DAN SARANA PRASARANA DENGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA INKLUSIF DI KOTA METRO

Widya, Mitasari (2024) HUBUNGAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU (PPI) DAN SARANA PRASARANA DENGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA INKLUSIF DI KOTA METRO. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
File Abstrak_Widya Mitasari - Widya Mitasari.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img] File PDF
Widya Mitasari_Skripsi Full(2) - Widya Mitasari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1965Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Widya Mitasari_Skripsi tanpa pembahasan - Widya Mitasari.pdf

Download (1960Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah belum efektifnya pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus sekolah dasar penyelenggara inklusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Program Pembelajaran Individu (PPI) dengan keefektifan pembelajaran, hubungan sarana prasarana dengan keefektifan pembelajaran, serta hubungan Program Pembelajaran Individu (PPI) dan sarana prasarana dengan keefektifan pembelajaran sekolah dasar penyelenggara inklusif. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto correlation. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1138 pendidik di sekolah dasar Kota Metro. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yang menghasilkan sampel berjumlah 93 pendidik. Alat pengumpul data menggunakan angket (kuesioner) dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Program Pembelajaran Individu dengan keefektifan pembelajaran dalam kategori “Sangat Kuat”, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sarana prasarana dengan keefektifan pembelajaran dalam kategori “Rendah”. Terdapat juga hubungan yang positif dan signifikan antara Program Pembelajaran Individu (PPI) dan sarana prasarana dengan keefektifan pembelajaran sekolah dasar penyelenggara inklusif di Kota Metro dalam kategori “Sangat Kuat”. Kata Kunci: Inklusif, Keefektifan, Pembelajaran The problem in this study is the ineffectiveness of learning for children with special needs in inclusive primary schools. The purpose of this study was to determine the relationship of the Individual Learning Program (IEP) with learning effectiveness, the relationship of infrastructure facilities with learning effectiveness, and the relationship of the Individual Learning Program (IEP) and infrastructure facilities with learning effectiveness in inclusive primary schools. This research uses ex-post facto correlation method. The population in this study amounted to 1138 educators in Metro City elementary schools. This study used probability sampling technique which resulted in a sample of 93 educators. Data collection tools using questionnaires and documentation studies. Data analysis using product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there is a positive and significant relationship between Individual Learning Program with learning effectiveness in the "Very Strong" category and infrastructure facilities with learning effectiveness in the "Low" category. There is also a positive and significant relationship between the Individual Learning Program (ILP) and infrastructure facilities with the learning effectiveness of inclusive primary schools in Metro City in the "Very Strong" category. Keywords: Effectiveness, Inclusive, Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 16 Apr 2025 04:37
Terakhir diubah: 16 Apr 2025 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86146

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir